Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra merupakan prakarsa pemerhati kesehatan di Indramayu yang memiliki tanggung jawab cukup besar terhadap pembangunan di bidang kesehatan, khususnya pendidikan tinggi. Pada tanggal 4 januari 2005, Kepala Badan Departemen Kesehatan RI, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan yakni Dr. Muharso SKM memberikan rekomendasi kepada Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional yang berisireko mendasi/pertimbangan tertulis bagi pembukaan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra. Kemudian Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) Satryo Soemantri Brodjononegoro memberikan Ijin Penyelenggaraan Program Studi Kesehatan Masyarakat Jenjang Program Sarjana (S1) Universitas Wiralodra Indramayu dengan resmi diterbitkannya SK dikti No.600/D/T2005.
Dalam kurun waktu 10 tahun FKM Unwir, dipimpin oleh seorang Dekan, dengan pergantian sebanyak 3 (tiga) kali. Dekan FKM periode I (2005-2006) adalah Drs. Aan Juhana Sanjaya M.PD.,MM, periode II (2006-2014) dr. H. Riyanto Martomijoyo M.Kes dan Periode 2014 sampai sekarang adalah H.Sutangi.,S.Kp.,M.Kes.
FKM Unwir terus melakukan upaya peningkatan mutu pembelajaran termasuk pembenahan infrastruktur, sehingga pada tahun 2011 untuk pertama kalinya  Program  Studi Kesmas terakreditasi sesuai Keputusan Badan Akreditasi Nasional nomor: 27/BAN-PTAk-XIV/S1/IIX/2011.
Sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan tuntutan stakeholder, perubahan tidak bisa dihindari. Dengan menyandang predikat sebagai Fakultas termuda di UNWIR, FKM terus melakukan perbaikan dan mengevaluasi diri. Pada awal pendirian Prodi Kesmas Unwir belum adanya pembagian peminatan, sehingga dalam kurikulum KKNI 2015 prodi FKM Unwir memiliki 4 peminatan, sebagai berikut:
1.    Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)
2.    Peminatan Kesehatan Reproduksi (Kespro)
3.    Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
4.    Peminatan Kesehatan Lingkungan (Kesling)

Program Studi Kesehatan Masyarakat berada di Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNWIR dengan alamat sekertariat pada JL Ir. H.Djuanda KM 3 Singaraja Indramayu 45215, No.Telp (0234) 275916.